Jumat, 28 September 2012

Pretest Komdat


Pre test praktikum komunikasi data dan jaringan komputer ke 10 (T_T)





1. Fungsi Wireshark?
2. Apa itu Sniffer?
3. Sebutkan Tools selain wireshark yang dapat digunakan untuk menganalisa jaringan?


Jawaban:


1. Wireshark adalah tools yang digunakan untuk menganalisis lalu lintas paket data di dalam suatu jaringan. Biasanya disebut sebagai SNIFFER (pengintai).

2. Sniffer adalah tools yang berkemampuan menangkap paket data dalam jaringan Wireshark mampu mendecode paket data dalam banyak jenis protokol.

3.
Nessus -  Remote Network Security Auditor
Nessus adalah scanner untuk mengetahui celah keamanan komputer, baik komputer anda atau komputer siapapun. Kemampuannya yang lengkap sebagai Vulnerability Scanner sangat bisa diandalkan karena didukung dengan fitur high speed discovery, configuration auditing, asset profiling, sensitive data discovery, dan vulnerability analysis of our security posture.

NMAP – The Network Mapper
NMAP adalah tools pemetaan jaringan (network) terbaik yang pernah ada saat ini.

Etherape – Graphical Network Monitor Modeled after Etherman
Etherape adalah tools untuk memonitor jaringan dengan tampilan grafis. Tools ini dilengkapi dengan kemampuan menghasilkan grafik dari lapisan jaringan, mode IP dan TCP, serta menampilkan kegiatan network (jaringan) secara grafis.

Kismet
Siapa yang tak kenal tools ini? Sebuah tools terbaik dan satu-satunya di dunia yang mampu mendeteksi setiap jaringan (network) wireless dengan sempurna tanpa cacat sekalipun jaringan tersebut telah berusaha disembunyikan. Dengan tools standar, kita kadang terkecoh bahwa ternyata ada jaringan yang tetap ada namun tak terpantau oleh komputer kita. Kismet adalah detektor jaringan wireless, sniffer, dan sistem pendeteksi penyusup pada komputer. Kismet dapat bekerja pada beragam tipe wireless card, dengan syarat wireless card kita memiliki fitur MODE MONITOR. Kismet dapat melakukan sniffing pada traffic-traffic 802.11b, 802.11a, dan 802.11g.

cukup sekian... semoga bermanfaat :D

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar