Sabtu, 29 September 2012

Fungsi dan Manfaat iPad


Apple telah merelease 3 seri iPad, terbaru adalah New iPad yang telah hadir dengan dual kamera dan tentu saja layar Retina Display. Satu yang seringkali membuat bingung adalah apa sebenarnya manfaat dan fungsi dari iPad? Bisakah iPad menggantikan fungsi Netbook atau Laptop? Berikut ini sedikit tips, sebelum Anda membeli sebuah iPad.

iPad tidak bisa menggantikan fungsi laptop! Jelas sekali bahwa kehadiran iPad bukan untuk menggantikan fungsi laptop secara keseluruhan. iPad ditujukan sebagai pelengkap atau pendukung laptop, so bila Anda bingung harus memilih iPad atau laptop? Maka tentu saja, Anda perlu ingat bahwa iPad tidak akan bisa menggantikan peran laptop dalam kegiatan sehari-hari terutama dalam membuat laporan, presentasi ataupun proses editing foto dan filem.

Kehadiran iPad lebih ditujukan kepada sisi entertainment atau hiburan, bila Anda hanya membutuhkan sebuah gadget untuk bermain game, dengerin musik, nonton filem, Facebookan, ngtweet di Twitter, internetan, surfing video youtube sampai menulis diary ataupun jadwal kegiatan sehari-hari, maka sebuah iPad bisa memenuhi itu semua.

iPad sangat nyaman dan asik untuk dipakai bermain game, apalagi game-game iPad sekarang ini sudah mendukung retina display (HD) sehingga grafiknya sangat halus dan fantastis tak kalah dengan game PC, selain itu game-game untuk iPad pun tersedia ratusan bahkan ribuan game yang siap di download di App Store, baik itu game gratis atau berbayar.

Untuk internetan, akses Twitter, Facebook sampai Youtube Video di iPad pun sangat nyaman, apalagi jika didukung koneksi yang super cepat, maka internetan di iPad akan membuat kita ketagihan. Selain itu, di iPad juga kita bisa cek email, kirim email ataupun backup data ke Cloud Computing seperti ke iCloud atau DropBox.

Di iPad kita memang bisa edit photo dan filem, tapi proses editingnya masih dalam tahap sederhana alias tidak serumit di PC. Jadi bila Anda terbiasa edit foto di Photoshop, ataupun jika Anda sering edit filem di Adobe Premier Element, maka iPad tidak akan bisa memenuhi kebutuhan akan Foto dan Video Editing tersebut.
Begitupun saat Anda membuat laporan, makalah ataupun presentasi. Di iPad memang kita bisa membuat itu semua, tapi aplikasi office di iPad masih tampil sederhana alias menu-menunya masih terbatas, berbeda jika Anda membuat makalah menggunakan Office Word 2010, atau membuat presentasi menggunakan Powerpoint di laptop, maka menu-menu di program di laptop tersebut jauh lebih lengkap dan lebih powerful dibandingkan dengan aplikasi serupa di iPad. 

Kesimpulannya : iPad tidak bisa mengganti peranan dan fungsi laptop secara keseluruhan, iPad hadir sebagai pelengkap dari Laptop. Bila hanya membutuhkan sebuah gadget untuk sekedar memenuhi kebutuhan entertainment atau hiburan maka iPad bisa menjadi pilihan yang tepat.

0 komentar:

Posting Komentar